Saturday, April 5, 2008

Saat Mama Pergi ke Kantor...

Tidak banyak ananda kita yang bisa tersenyum saat melepas mamanya pergi ke kantor, kebanyakan dari mereka akan menangis atau minimal cemberut stiap melepas mamanya pergi ke kantor.

Dari sharing di milis ibu bekerja ini, sebetunya jalan yang terbaik melepas mama ke kantor adalah dgn membiasakan ananda melihat mama pergi ke kantor wlpn mereka menangis melepas kepergian mamanya ke kantor.

Akan dibutuhkan waktu yang lama agar ananda bisa sampai ke tahan mengerti kenapa mama berangkat ke kantor setiap pagi dan kenapa mama HARUS berangkat ke kantor, berikut ada beberapa tips dari ibu bekerja yang bisa kita lakukan supaya anak kita bisa tersenyum saat mama pergi ke kantor;

1. Selalu membiasakan anak-anak harus liat mamanya waktu berangkat ke kantor. Kakaknya dulupun begitu (sekarang sih aku yg mengantarkan & melambaikan tangan saat dia berangkat sekolah) Yg kecil ini nih, waktu blm sekolah aku selalu mengajak dia mengantar, kebetulan bus jemputan lewat depan rumah jadi kalo good mood dia akan melambaikan tangannya "da da mama........." tapi kalo lagi bad mood palingan cuman manyun (sedih juga sih, pasti dia berpikir kenapa ya tiap pagi mamanya pergi naik bus yg sama) sekarang dia sudah TK, tiap pagi berangkat bareng, kita akan berpisah di persimpangan jalan (kebetulan sekolahnya di dekat2 perumahan jadi cukup jalan kaki). Sharing dari mba Indri BKC1108@cc.m-kagaku.co.jp

2. Aku punya trik khusus di pagi hari supaya si kecil ga manyun, aku selalu membangunkan mereka, menciumnya, aku selalu bilang mama sayang kamu, ayo anak mama yg cantik/ganteng bangun, wah anak mama pintar ya .......dll pokoknya di pagi hari aku selalu ekstra kelembutan & pujian. Karena biasanya si kecil akan rewel dari proses ketika dia bangun tidur, makanya usahakan supaya si kecil tdk bangun dg kondisi menangis. Rutinitas pagi dari mandi, pake baju, makan pagi aku yg handle (jadi serah terima sama Ass. RT setelah dia brgkt sekolah). Sharing dari mba Indri BKC1108@cc.m-kagaku.co.jp

3. Oh iya mom, pulang kerja aku selalu berusaha bawakan oleh-oleh kecil (misal. biscuit, agar-agar, tanggo, atau kue2 kecil). ga banyak paling satu tapi anak2 pasti akan sangat suka Atau aku buatkan buku dari kertas2 bekas dikantor buat corat-coret mereka, sometime aku ngeprint gambar2 kartun kesukaan mereka (he.....yg ini memanfatkan fasilitas kantor sedikit ya....) Jadi kadang2 mereka suka pesen, ma nanti bawain ini atau itu ya ? katakan ya bila itu memang bisa kita kabulkan dan katakan tdk kalo memang itu tdk bisa. jangan pernah tdk menepati janji yg sudah kita janjikan karena ketika kita tdk menepati janji anak2 akan mengingat dan suatu saat akan bilang " alah....mama nanti bohong" Jadi anak2 suka termotivasi juga kalo mamanya kerja nanti pulangnya di bawain kue atau gambar atau apalah. Sharing dari mba Indri BKC1108@cc.m-kagaku.co.jp

4. Sempatkan telp. ke rumah walau cuma bilang : "halo...mama kangen deh .......(jgn sering telp kalo cuma mau tanya sdh mkn blm ? sdh bobo siang ? dll) kadang2 mereka bete lho, kalo ditanyain hal2 spt ini. Bersyukur sekarang anak2ku sudah terbiasa dan tau bahwa tiap pagi mamanya akan berangkat kerja. paling2 si kecil yg akan bertanya : kapan mama libur ? hari ini tgl merah bukan ? Sharing dari mba Indri BKC1108@cc.m-kagaku.co.jp

5. waktu haekal, aku preffer dia liat mamanya pergi ke kantor setiap pagi, jadi dia tahu bahwa setiap pagi mama harus ke kantor, kadang dia accepted tapi ya lebih sering nangisssnya sih... klu aku ga mau haekal nangis, aku biasanya minta suster bawa haekal jalan-jalan kemana gituh supaya ga liat aku pergi kantor... pulang jalan - jalan haekal langsung main deh, lupa ma mama sementara...tapi klu seperti ini kayaknya aku yang gimana gitu, mau pergi kantorga diliat anakku... :0(Sharing dari mba Indri BKC1108@cc.m-kagaku.co.jp

6. oh ya klu bisa sempatkan bawa anak-anak ke kantor hari sabtu misal, anakku klu aku harus masuk sabtu n minggu, biasanya aku bawa ke kantor, jadi dia tahu, klu mama tidak ada di rumah, mama ada di kantor dan dia faham seperti apa kantor mama kerja. Sharing dari mba Indri BKC1108@cc.m-kagaku.co.jp

Smoga bermanfaat ya thanks banget untuk mba indri (BKC1108@cc.m-kagaku.co.jp) yang sudah kasih banyak tips n sharingnya :o)

Salam,
Nenden Maryam

No comments: