Saturday, April 5, 2008

Menghemat Biaya Bulanan

IBers,

Aku tadi reply salah satu email dari milis ku yang lain terus akucome up dgn idea mengenai tulisan ini, aku pikir tulisan ini jugabgus untuk menunjang tulisanku yang ttg 'Bijaksana mengatur gajibulanan'disitu aku share bahwa the way aku memanage gajiku tuh salah satunya adalah dengan dahulu kan yang wajib baru sisanya dibagi sisa hariuntuk dpt budget harian, dannn kita harus stick to it, artinya budget harian tidak boleh lebih dari itu....
susah memang tapi aku survive tuh he he...

ini tips aku menghemat pengeluaran bulananku;

- kartu kredit;
knapa kartu kredit ada di list pertamaku, krn ini bisa jadi time bomb yang akan mendatangkan banyak masalah klu kita ga hati2 dan hemat pakai kartunya jadi usahakan;

1. know your limit and be comitted
aku termasuk org yang committed bahwa what u buy is what u pay, jgn pernah bayar minimum payment ya, ini sama dengan menumpuk masalah...

2. DISIPLIN
bayar tepat pada waktunya, jgn dinanti-nanti karena telat sehari berati bunga ber bunga

3. Use it wise
percaya ga IBers klu aku dah dpt byk mainan anakku yang bagus dan mahal dari poin kartu kredit?
jadi bulananku emang pake kartu smua, nah itu kan dpt poin, poin itu aku tuker dgn mainan anakku, jadi keliatan gituh ada hasilnya untuk yang satu ini, aku bangga banget lho IBers untuk yang satu ini, oh ya i have a proof dan bisa liatin ke IBers smua bahwa saldo kartu kreditku 0 lho, alhamdulillah karena selama ini aku menarapakan 3 tips or rules ini

- listrik
1. Lakukan beberapa aktifitas yang memerlukan listrik hanya di sianghari misal, nyetrika, nyuci, ngeringin baju, vacum, etc..etc..

2. matikan smua ac, lampu (termasuk lampu di kamar mandi!), radio(termasuk radio di kamar suster n prt); klu tidak terpakai.untuk yang satu ini, suamiku yang amat sangat concern, dia seringlho muter ngecheck2 listrik muterin rumah just to make sure thateverything is off

3. Cabut Magic jar setelah makan malam, ga tahu gmn di rumah IBers,tp dirumahku, nasi biasanya lebih awet klu magic jars aku cabutsetelah smua selesai makan malam

4. Nge-charge hp or notebook dikantor aja ha ha.... klu nge chargedi rumah jgn lupa cabut power cord klu baterai sudah penuh!

5. Jgn suka dengerin lagu or radio pake HP klu ga kepepet karenangabisin baterai bangetttsss neh IBers

- telepon;
1. jgn beliin anak2 hp klu ga minta, aku miris liat anak2 dah pakepake hp sekarang, gara2 ini akhirnya kemarin pas ultah ke-7 haekaljuga minta hp, dia minta N Gage itu lho IBers, tau ga aku bliin apa?Aku beliin paket esia untung yang 300rb he heyang penting HP aja kan, karena latah liat temenya

2. pake chat services, gt, ym untuk kirim pesen penting ke suami ntemen, nah ini juga bisa jadi tips yang bagus untuk irit biaya smslho moms, it works well to me, asal kerjaan teteub serius n konsenya, agak susah sih klu IBers ga ada fasilitas ini,

3. jgn suka forward sms-sms jokes, info apalah yang ga penting2tetep pake pulsa kan IBers?

4. pikir sebelum telp, bisa ditunda maleman gak ya, klu gak penting2banget, karena biasanya nelp malam setelah jam 6 lebih murah lhoIbers, aku ga gitu update dgn paket harga telp, klu IBers updatemake use of it.

- blanja bulanan
instead of pake giant, care4 dll, aku sekarang untuk blanja bulananpake bisnis dbc, just started but to me it looks promising sih...karena slain blanja sampoo, bedak, parfume, after shave dll, akujuga bisa blajar bisnis online:o)

- blanja bulanan yang mendadak,instead of ke mall, aku prefer ke alfamart or super indo dan biasakan langsung ke yang dituju, jadi misal minyak goreng, ya langsungke rak minyak trs, jgn cari yang murah tapi cari yang promo, misalbeli minyak A rp.10rb (paling murah) minyak b (11rb) tpi dpt spongecuci piring yang harganya 4rb, klu diitung kan berarti murahanminyak b kan? beda seribu tapi sebetulnya total harga dia 14rb(itungan banget ya aku hi hi)... toh kan kita jg pasti perluspongenya mom, jadi boleh lho kalau mau lirik harga lain di satuitem barang yang mau kita beli, krn yg paling murah belum tentu murah- oh ya, aku juga insya Allah sering puasa senin kemis nih moms,jadi slain, irit, dpt pahala dan effeknya ngurusin badan he heeeeee

segitu dulu ya,
ntar sambung lagi
dahhh

have a save wiken
nenden
funworkingmom.blospot.com

1 comment:

Unknown said...

Hallow, mba nenden.
Hihi nge-blog juga ya ternyata.